Saturday 12 October 2013

Malaysia Pulangkan Tiga Orangutan ke Indonesia.

 photo orangutan-rawa-tripa-_121003165741-588.jpg
REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN-- Tiga Orangutan Sumatera (Pongo Abelii) yang disita oleh Malaysian Departement of Wildlife and National Parks (DWNP/PERHILITAN), sudah dikembalikan ke Indonesia untuk dilepaskan kembali ke Taman Nasional Bukit Tiga Puluh, Jambi.

"Orangutan itu diterima Kamis, 10 Oktober 2013, tiga ekor sitaan DWNP dari pemilik ilegalnya sebelumnya dititipkan di Kebun Binatang Malaka Malaysia (Malaka Zoo Malaysia)," kata Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Utara (Sumut), Istanto di Medan, Jumat (11/10).

DWNP menyita Orangutan itu dari pemiliknya karena diketahui diimpor tanpa izin resmi dan melanggar Konvensi perdagangan internasional terhadap satwa terancam punah (CITES, Convention on International Trade in Endangered Species). Orangutan terdaftar di appendix I dalam CITES sehingga impor /ekspor tanpa izin dan dokumentasi resmi dilarang.

DWNP Malaysia menyampaikan informasi Orangutan Sumatera hasil sitaan itu Malaysia yang diberi nama Fazren (jantan berumur antara 10-12 tahun), Sen/Sam (betina, 7-8 tahun) serta Suzie (betina, 8-9 tahun)..readmore.
 
;